EMAS


INVESTASI EMAS : 

  • Tentukan tujuan 
  • Waktu dan jumlah yang akan diinvestasikan. 

PEYIMPANAN:

  • Rumah. 
  • Brankas baja. 
  • Safe deposit box (sdb) di bank-bank besar. 
  • Gadai emas bank/pegadaian syariah. 
  • Zakat dan sedekah selain pengamanan atas harta yang dinvestasikan juga melipat gandakan asset yang ada.

 “..Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri” (QS Al Baqarah: 272).


Wahai anak Adam, Aku sudah memberi begitu banyak kepada kalian. Dan sekarang Aku meminta kepada kalian pinjaman (sedekah). Barangsiapa yang memberikan pada-Ku apa-apa yang sudah Aku berikan kepadanya, maka Aku akan mengembalikannya, kontan. Dan masih akan Aku tambah lagi untuk dirinya di hari-hari kemudian (Hadits Qudsi). 


KEUNTUNGAN: 

  • Melindungi Kekayaan (Wealth Preservation). Karena nilai emas yang selalu naik tidak terpengaruh oleh inflasi.
  • Resiko Rendah Sampai Menengah (Medium to low Risk Investment). Investasi dengan resiko menengah cenderung rendah dengan imbal hasil kenaikan nilai yang cukup tinggi pada jangka waktu tertentu. 
  • Aset Nyata (Tangible Asset). Emas batangan/koin adalah investasi yang ‘nyata’, benar-benar mempunyai nilai secara intrinsik, bukan selembar kertas yang dideklarasi mempunyai nilai dengan jaminan akan harapan. 
  • Hak Kepemilikan (Private Property Rights) Emas batangan/koin yang Anda miliki adalah hak milik pribadi Anda seutuhnya. Karakter emas batangan/koin yang nyata membuatnya independen, tidak bergantung pada institusi tertentu. 
  • Mudah Dicairkan (Liquid Asset) Emas adalah aset yang paling mudah diperjualbelikan maupun digadai dimanapun tempat dan waktu, tidak bergantung institusi.  
  • Bebas Pajak (Tax Free
STRATEGI MEREGUK KEUNTUNGAN INVESTASI EMAS BATANGAN:

  1. Beli di saat harga emas murah dan menjualnya kembali di saat harga emas tinggi untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga emas ketika beli dan jual. Diantara turunan dari cara pertama ini adalah dengan beli emas terus digadai, uang hasil gadai dibelikan emas lagi, begitu seterusnya dan kemudian ‘dipanen’ ketika harga emas sudah cukup tinggi untuk menutupi biaya-biaya gadai tersebut dan mendapatkan sedikit kelebihan. Tentu saja kita bisa memperoleh keuntungan dari cara pertama ini, namun energi dan pikiran yang dibutuhkan cukup besar karena kita mesti detil melakukan kalkulasi agar senantiasa tepat kapan mesti beli dan kapan mesti jual.
  2. Emas batangan untuk membackup rencana keuangan kita di masa depan misal untuk penyiapan dana pendidikan dan rencana naik haji/umrah. Mengkalkulasi kebutuhan rencana kita di masa depan dalam rupiah, kemudian mengkonversikan jumlah rupiah yang dibutuhkan tadi ke dalam emas batangan. Dengan asumsi kenaikan nilai emas yang 20% per tahun, maka insya Allah segala rencana kita di masa depan bisa kita ‘amankan’ dengan bantuan emas. 
  3. Memanfaatkan emas untuk pengelolaan aset dan modal (capital) kita. Dengan bantuan gadai emas syariah, kita memanfaatkan emas kita untuk melakukan pembiayaan atas pembelian aset dan atau pembiayaan atas modal usaha yang kita perlukan.

------

HTML Guestbook is loading comments...
[Most Recent Quotes from www.kitco.com]
HTML Guestbook is loading comments...

My Blog List